Saturday, 1 February 2014

KOMPUTER


KOMPUTER

1.      Pengertian Komputer
Komputer berasal dari bahasa latin (compute) yang berarti menghitung. Secara umum pengertian komputer adalah mesin serba guna yang dapat dikontrol oleh program, yang digunakan untuk mengolah data menjadi informasi.
Di dalam komputer terdapat beberapa perangkat utama yaitu :
a.       Perangkat input (input devices)
b.      Perangkat proses (process devices)
c.       Perangkat keluaran (output devices)
d.      Perangkat penyimpanan data/informasi (storage divicies)

2.      Perangkat Komputer
Komputer baru dapat digunakan apabila berbentuk suatu sistem yang saling berhubungan satu dengan yang lain dan bekerja sama membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan fungsi komputer atau yang disebut computer system. Adapun sistem tersebut adalah :
A.    Hardware (Perangkat Keras),
Peralatan yang dapat disentuh dan dilihat. Terdiri dari :

1)   CPU (Central Processing Unit)
1010513_0_original.jpg
CPU merupakan alat yang berfungsi sebagai pemroses data. Yang berisi rangkaian sirkuit yang menyimpan data berupa instruksi-instruksi pemrosesan, penyimpanan data. CPU disebut sebagai otak dari komputer karena semua proses terjadi di dalam CPU.



2)   Monitor
acer_s242hlbid_24_led_lcd_monitor_5_ms_169_adjustable_display_angle_1920_x_1080_167_million_colors_250_nit_10001_dvi_hdmi_vga_black_energy_star_mpr_ii_861475_g1.jpg
Terdapat dua jenis monitor/layar tampilan yang biasa digunakan untuk komputer :
·           Layar monitor berbentuk pipih atau sering disebut dengan LCD (Liquid Crystal Display)..
·           Layar monitor tabung yang sering disebut dengan CRT (Cathrode Ray Tube) berbentuk seperti layar televisi yang digunakan untuk komputer jenis desktop atau PC, monitor CRT jenisnya monokrom (hijau, kuning, dan putih) dan warna (merah, hijau, dan biru), ukurannnya sering digunakan 14, 15, 17, 19 dan 21 inci.
Terdapat berbagai standar dalam kualitas gambar yang didasarkan pada resolusi seperti :
·      CGA (Colour Graphics Adapter) 640 x 200 pixel
·      EGA (Enhanced Graphics Adapter) 640 x 480 pixel
·      VGA (Video Graphics Array) 640 x 480 pixel
·      SVGA (Super Video Graphics Array) 800 x 600 pixel dan 1024 x 768 pixel
·      XGA (Extended Graphics Array) 2048 x 2048 pixel

3)   Keyboard
KoreanIconcept.jpg
Keyboard merupakan alat untuk memasukkan data maupun perintah ke CPU.

4)   Mouse
meduza-1b.jpg
Ada 3 tipe dasar mouse :
·      Mouse Mekanis ; memiliki bola karet didalam sisi bawah mouse dan berotasi ke segala arah, sensor mekanisna mendeteksi gerakan bola lalu sensornya mengirimkan sinyal untuk menggerakkan kursor pada layar.
·      Mouse Optomekanis : sama seperti mouse mekanis yang baru, dan ada yang menggunakan sensor optik untuk mendeteksi gerakan bola.
·      Mouse Optik : mouse ini menggunakan laser untuk mendeteksi gerakan mouse dan memiliki LED. Tidak ada bola mouse, dan gerakan mekanis. Mouse optik harus digerakkan di atas permukaan dan alas tertentu dengan jaringan yang dapat dibaca mouse.

5)   Printer
1356844973_468295083_1-hp-all-in-one-photosmart-printer-Ganeshpeth-Colony.jpg

B.     Software (Perangkat Lunak)
Adalah program yang berisi instruksi untuk mengolah data. Terdiri dari :

a.    Perangkat lunak aplikasi (application software), adalah program yang biasa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik. Software ini terdiri dari :
-          Bahasa pemrograman
-          Program aplikasi
-          Program paket/paket aplikasi
-          Games, dll
b.   Perangkat lunak sistem (system software), atau perangkat lunak pendukung (support software) adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer. Tujuan melaksanakan program dan memudahkan dalam menyelesaikan masalahnya, membuat sistem komputer mudah digunakan, dan menjadikan penggunaan hardware komputer lebih efisien. Program adalah deretan instruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki pembuatnya.
c.       Brainware (Manusia/Pengguna Komputer)
Yang terlibat dalam mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Terdiri dari :

·      User, pengguna atau pemakai program-program yang tersedia di komputer.
·      Programmer, orang yang bertugas membuat atau mengimplementasikan sistem yang dirancang ke dalam bentuk pemrograman komputer.
·      Analis, mendesain sistem yang akan diimplementasikan dalam suatu pemrograman.
·      Operator, orang yang bertugas mengoperasikan atau menjalankan komputer sesuai dengan sistem yang telah dirancang.
3.      Teknologi Penyimpanan Komputer
Terdiri dari 2 macam penyimpanan. Yaitu :
a.      Memori Internal (Memori Utama)
Sebagai pengingat sementara baik bagi data, program, maupun informasi ketika proses pengolahannya dilaksanakan oleh CPU. Contohnya :
·         ROM (Read Only Memory) memori yang bisa dibaca. Misalnya : CD dan CD-R.
·         RAM (Random Access Memory) memori yang isinya bisa diperbarui. Misalnya : CD-RW.
b.      Memori Eksternal (Eksternal Storage)
Merupakan segala peranti yang berfungsi untuk menyimpan data secara permanen.

No comments:

Post a Comment