Sabtu, 03 November 2012

MUSIK MANCANEGARA DI ASIA



  1. Musik Cina

  1. Perkembangan Musik Cina

Bangsa Cina memiliki kekayaan budaya musikal yang telah tumbuh dan berkembang sejak dahulu. Tahun 1999 ditemukan suling jiahu, instrumen musik tertua di dunia yang terbuat dari tulang. Contoh lain adalah koleksi lonceng, drum, alat musik tiup, dan alat musik dawai dari perunggu pada makam bangsawan Yi dari Zeng abad 5M. Sekitar abad ke-19 tradisi musik Cina terpengaruhi oleh tradisi musik Eropa.

  1. Ragam Musik Cina

  1. Musik Tradisional
Secara mayoritas menggunakan bahasa Cina, meliputi nyanyian rakyat, nyanyian bercerita, dan opera. Berbagai macam musik tradisional Cina seperti nyanyian kerakyatan, kepahlawanan, cinta, kerja, anak-anak, religius menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari yang terintegrasi kedalam kehiduppan sosial seperti perkawinan, pemakaman, pemujaan, upacara religi, festival, dan perayaan lainnya.
  1. Musik Modern
Awal abad ke-19, pengaruh musik Eropa mulai masuk. Western Style Conversatories didirikan tahun 1920. Dengan memadukan instrumen musik, teknik bernyanyi, gaya tradisional, dan estetika ke dalam harmoni dan orkestrasi.

  1. Sistem Nada
Menurut teori musik Cina, satu oktaf dibagi menjadi 12 nada, namun dalam permainan musiknya menggunakan 5 nada yang pentatonik.

  1. Instrumen Musik
Instrumen musik tradisional Cina antara lain :
  1. Organ mulut (sheng)
  2. Flute (dizi, ti tzu, tche)
  3. Kecapi berleher lurus (che, p’ip’a, yuch ch’in, dan san hsien)
  4. Sitar panjang (ch’in, zheng, se)
  5. Perkusi seperti lonceng (qin), drum (gu), gong (fuo), dan bel (zhong).


  1. Musik Jepang

  1. Perkembangan Musik Jepang

Musik Jepang zaman dahulu sangat terpengaruh oleh perkembangan musik dari dataran Cina dan Semenanjung Korea, namun lama kelamaan memiliki sifat dan ciri sendiri. Orkes Gagaku telah ada sejak abad ke-8. Orkes ini terdiri dari17 musisi yang bermain instrumen musik kayu, perkusi, dan petik. Setelah abad ke-15, musik instrumen tunggal shamisen dan toto menjadi populer khususnya untuk memberikan iringan lagu dan musik. Adanya restorasi meiji pada pertengahan abad ke-18 membuat pengaruh Barat masuk ke dalam perkembangan musik Jepang.

  1. Ragam Musik

  1. Musik Tradisional
Musik tradisional umumnya berbentuk musik festival, nyanyian religius, dan pengiring tarian.
  1. Musik Modern
Dimulai pada 1867 setelah Mutsuhito Meiji menjadi kaisar Jepang.

  1. Sistem Nada
Tangga nada yang digunakan adalah tangga nada pentatonik.

  1. Instrumen  Musik
Instrumen musik Jepang anatra lain :
  1. Lute pengiring ( heikebiwa)
  2. Perkusi (shoko, ko tsuzumi, o tsuzumi, dan taiko)
  3. Harmonika mulut (sho)
  4. Flute (ryuteki, nokan, shakukaci)
  5. Kecapi (shamisen, koto, biwa)
  6. Obue (hichiriki)


  1. Musik India

  1. Perkembangan Musik India

Dimulai kira-kira sejak abad ke-2 SM. Bangsa Arya yang bermigrasi ke India memiliki pengaruh besar dalam perkembangan musik di India. Musik bagi bangsa India memiliki arti tersendiri, musik India adalah suatu mozaik dari gaya yang berbeda dan mencerminkan tingkat sosial yang berbeda pula.

  1. Ragam Musik India

  1. Musik Klasik
Musik klasik India dapat diketahui dari dokumen Natya Shastra, suatu risalah drama berbahasa Sanskerta yang ditulis kira-kira abad ke-2 SM. Terdapat dua tradisi klasik, yaitu Hindusatani di India Utara dan Karnatik di India Selatan. Perbedaan tradisi ini terjadi mulai abd ke-16 sebagai hasil pengaruh orang Islam di India Utara.
  1. Musik Rakyat dan Populer




  1. Sistem Nada
Sejak abad ke-19, musik India memiliki susunan tangga nada yang tetap. Dalam satu oktaf telah ditetapkan menjadi 22 interval yang tidak sama. Deretan nada pokok ada dua, yaitu sa-grama dan me-grama. Masing-masing deretan nada pokok tersebut memiliki 7 nada yaitu : sa-ri-ga-ma-pa-da-ni.

  1. Instrumen Musik
Instrumen musik India terbagi dua, yaitu instrumen pembawa melodi/lagu utama dan instrumen pengiring. Contoh instrumen pembawa melodi utama adalah kecapi, sitar, dan sarod (India Utara), veena, flute horizontal (barisri), flute dobel reed (shahnai) dan nagasvram. Sedangkan pengiringnya adalah tambura (kecapi berleher panjang), mridangam (drum dua sisi), kanjira (drum bingkai kecil), ghatam (seperti pot dari tanah liat), tabla (ketel drum) dan pakhavaja (drum dua sisi)


  1. Musik Arab

  1. Perkembangan Musik Arab

Musik tradisi Arab di yakini telah ada sejak awal abad ke-3, yang merupakan perpaduan dari tradisi musik dinasti Sassand di Persia (224-641), tradisi musik awal kerajaan Byzhatium (awal abad ke-4 – abad ke-6) dan nyanyian religi dari daerah Semenanjung Arab. Puncak kejayaannya pada masa pemerintahan Harun Al Rasyid (766-809). Ahli teori musik yang terkenal adalah Al Farabi (900-950) dan Avicenna (980-1037).

  1. Ragam Musik Arab

  1. Nyanyian Religi
Menurut sejarahnya, corak musik Arab erat hubunganya dengan nyanyian ayat-ayat suci dalam Al Qur’an. Nyanyian ini merupaka isi dari fiman Tuhan.
  1. Musik Rakyat
Musik negara-negara jazirah Arab yang kaya dengan permainan drum, menunjukan hubungannya yang luas dengan pedagang dari Amerika. Tradisi Gnawa dan Maroko, mengambil nama dari para budak Guinean yang dibawa ke Maroko dari Afrika Barat.
  1. Nyanyian Populer
Musik Arab populer merupakan perpaduan dari dua ragam musik di atas. Drum dan irama musik rakyat menjadi bagian pokok dalam pertunjukan musik sebagian besar dilakukan oleh kaum muda.

  1. Sistem Nada
Cara berolah musiknya sering memakai variasi dan improvosasi dengan dasar melodi sebelumnya. Melodi lagu terdiri dari sejumlah variasi melodi ( sekitar 52 variasi). Nada-nada yang dipakai secara umum lebih banyak daripada yang dikenal. Struktru pola ritme musik Arab cukup kompleks. Dalam permainan musiknya terdapat sekitar 48 pukulan dan secara khas, sudah meliputi dum (ketukan beraksen/tesis), taks (ketukan tak beraksen/arsis), dan tanda diam/istirahat.
  1. Instrumen Musik
Instrumen musik yang dipakai dalam musik Arab diantaranya :
  1. Ud dan Lute atau sebuah prototipe dari kecapi Eropa
  2. Nay sejenis flute
  3. Perkusi (kattle drum, fremer drum, drum berbentuk jam pasir)
  4. Rababah/rebab, sebuah prototipe dari biola Eropa
  5. Mizmar, instrumen musik Mesir
  6. Mijwiz, instrumen musik Libanon
  7. Santur, sejenis sitar.





































MUSIK MANCANEGARA DARI BARAT

1.      RAGAM MUSIK BARAT
Musik dapat didefinisikan sebagai cetusan perasaan atau pikiran yang di keluarkan dalam bentuk bunyi. Musik berasal dari bahasa Yunani ”mousike” yang diambildari dewa mitologi Yunani kuno ”Mousa” yang memimpin seni dan ilmu. Musik adalah salah satu seni yang tertua.
Ada dua jenis musik yang ada di Barat yakni, klasik dan populer. Musik klasik meliputi; simfoni, opera, dan balet. Sedangkan musik populer meliputi; folk, jazz, dan musik rock.

  1. Musik Klasik
Adalah musik yang diciptakan untuk konser, acara keagamaan, opera, dan balet. Kebanyakan musik ini lebih rumit daripada musik populer. Musik klasik sangat beragam. Beberapa komposisi berdurasi sangat panjang dan bertempo dan gaya yang bervariasi. Ada dua jenis musik klasik yakni musik instrument dan musik vokal.
Musik klasik Barat dimulai Sejas zaman kuno. Prinsip, bentuk, dan gaya komposisi tertentu menjadi popular selama periode-periode sejarah yang berbeda. Penyebaran agama Kristen berperan penting dalam musik klasik Barat. Ada beberapa bentuk musik klasik yang diciptakan untyuk ditampilkan di gereja. Pada awal 1800-an, para komponis seperti Ludwig Van Beethoven membuat musik yang tidak di maksudkan untuk acara gereja.

  1. Musik Populer
Istilah musik popular digunakan untuk membedakan dengan musik klasik. Banyak yang menganggap musik ini lebih ringan dan menghibur, sedangkan musik klasik lebih serius, murni, dan sulit diapresiasi. Saat ini istilah musik populer meliputi berbagai gaya yang berbeda, seperti country dan western Amerika, jazz, musik dari komedi musikal , musik film, dan berbagai gaya, seperti rock, soul, dan reggae yang membentuk musik pop modern.

  1. KEUNIKAN MUSIK BARAT
Berikut adalah jenis dan keunikan karya musik Barat :

  1. Musik Serialis
Berarti deretan, jajaran, barisan, dan rangkaian. Musik serialis diilhami oleh bahan-bahan yang diperlakukan dalam suatu deretan angka-angka dan diolah dengan berbagai teknik nilainya diperbesar atau diperkecil. Deret angka tersebut diterjemahkan sebagai bentuk nilai durasi, menentukan nama not, bentuk ritme, dan bentuk melodi.
Karya Kreuzspiel dari Stockhausten memiliki 4 kelompok tinggi nada. Kemudian hal ini dikembangkan melalui teknik persilangan. Masing-masing memiliki jenis birama yang berbeda dan memiliki hubungan pianis dan perkusi. Alat musik ini adalah piano, obo, bass, klarinet, dan alat perkusi.

  1. Musik Elektronis
Perkembangan musik ini dipengaruhi kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. dengan ini para komponis melakukan banyak eksperimen untuk menemukan warna suara yang baru yang kemudian dikemas menjadi satu komposisi musik kontemporer. Peralatan elektrolis hanya sebagai medium untuk menentukan pernak-pernik suara baru hingga menjadi suatu komposisi. Adapun ini komponis aliran ini adalah Stockhausen, Varesse, Eimert, dan Schaeffer.

  1. Musik Minimalis
Musik ini berkembang di Amerika setelah tahun 1960-an. Pengertian minimal adalah bahan musiknya sederhana dan kekayaan bunyi mampu ditangkap secara psikoakustik. Komponis yang berkarya dalam aliran ini adalah Phillip Glass, Steve Reich, T.Rilley, dan La Monte You. Karya Clapping Music dari Steve Reich merupakan karya yang unik karena dimainkan oleh dua orang yang menggunakan tangan saja.




  1. Orkes
Adalah paduan musik yang dibentuk secara cermat dari berbagai kelompok alat musik dengan jumlah yang banyak dan dimainkan secara bersatu. Orkestra adalah sejumlah besar musisi yang memainkan alat musik yang berlainan secara bersama sebagai suatu kelompok. Dalam sebuah orkestra simponi alatnya dibagi menjadi empat kelompok, yaitu biola, biola alto, dan bass ganda merupakan alat musik gesek, alat musik tiupnya klarinet, seruling, oto, serunai, sedangkan alat musik tiup brassnya adalah terompet, terompet horn dan terombon. Bagian keempat adalah perkusi yaitu genderang dan canang (cymbal).

  1. Musik Pop dan Musik Rock
Sejak 1954 pop telah digunakan untuk musik yang dinikmati anak muda. Musik ini populer dikalangan orang kulit hitam. Awal 1950-an musik kulit hitam yang terkenal adalah RnB. Bill Halley and The comets merupakan orang kulit putih pertama yang mendapat sukses besar ketika Rock Around The Clock menjadi hits nomor satu pada mei 1995. musik rock umumnya lebih keras dibanding pop. Lagu rock sangat ritmes sedangkan pop bergantung pada melodi. Keberhasilan musik Rock and Roll telah meningkatkan, popularitas orang kulit hitam seperti, Little Richard, Chuck Berry dan James Brown, dengan gaya yang semangat yang mendasari musik soul, punk, disco, hiphop, house dll.
Musik pop/ rock tidak memiliki perkembangan sejarah yang berarti. Nampaknya aspek sound menjadi sesuatu yang khas. Contoh kelompok usik ini adalah The Rolling Stone dan yang berasal dari Inggris, jerman, amerika dan tempo dulu lainnya.
  1. Musik Eksperimental
Pada konsep (karya) 4”33” merupakan contoh musik ini. Dia tampil seolah-olah akan memainkan sesuatu tetapi tidak ada bunyi konsep merupakan pengolahan bunyi beserta segala interprestasinya. John Cage sebagai komponis konsep ini.
  1. Jazz
Muncul pertama kali di New Orleans untuk mengekspresikan kebebasan. Jazz berkembang melalui berbagai cara antara lain Bebop, Swing, Cool Jazz Bigband, hingga Free Jazz.
  1. KEUNIKAN MUSIK KONTEMPORER MANCANEGARA
Hal yang menjadi ciri perkembangan musik ini adalah bagaimana komponis berkarya secara individual dan mencari daya musik nya sendiri. Gaya nusik ini tidak terlepas dari sikap dan e komponis.
Pada dasarnya musik ini dan musik lainnya memiliki kesamaan dalam aspek pengelolaan proses yang dimulai pada :
  1. Aspek penentuan ide
  2. Realisasi ide melalui alat musik
  3. Pertimbangan konotasi materi
  4. Keaktualan karya yang di cipta
  5. Tanggung jawab komponis tentang benang merah karya baru yang diciptakan dengan kajian historis musik itu sendiri

Musik kontemporer menawarkan berbagai alternatif yang informatik sekaligus untuk keseimbangan dalam diri apreasiator untuk menyikapi jenis musik yang ada didunia ini. Bukan untuk disenangi atau disukai melainkan untuk mencari perhatian.

B.   SEJARAH DAN PERKEMBANGAN MUSIK BARAT
1.      Sejarah perkembangan musik

a.       Masa Renaissance(1450-1600M)
Masa ini pengaruh gereja semakin lentur demikian juga musik. Mereka lebih individual dan mampu mengembanggakan cara baru dalam musik. Gaya musik yang monofon adalah musik yang di ciptakan hanya dengan satu suara menjadi gaya polifon. Komponisnya palestrina, Gabriela, Praetorius dan Schuetz adalah wakil massa itu. Setelah kurang lebih 150 tahun masa itu komponis menemukan kekhasan yang baru dalam musik. Masa ini disebut zaman Barok(1600-1750). Secara etimologis bahasa barok berasal dari kata Baroco yang artinya berlebihan. Musik barok adalah musik yang pertama kali menemukan hal berikut ini : sistem tonalitas (tangga nada tonal)
bergantinya musik vokal oleh musik instrumental
berperannya suara bass dari suara laki-laki sebagai landasan ingá menjadi penting dalam hal armonisasi. Komponisnya Corelli, Vivaldi, Telemen, Bach dan Haendel adalah tokohnya
b.      Masa Musik Klasik (1730-1830)
            Mozart adalah wakil zaman ini karyanya berbentuk sonata piano dan orkes simponi.
c.       Musik Zaman Romantik (1830-1910)
Komponisnya Schubert, Schumann, Chopin, Liszt, dan Wagner banyak berkarya. Musik yang berkembang pada umumnya berbentuk nyanyian solo dengan berbagai tema diiiringi.
d.      Zaman Impresionisme
Musik ini banyak dipengaruhi oleh dunia seni lukis. Debussy adalah komponis beberapa komponis kenamaan seperti Schoenberg, Strawinsky, Cage, Ligetti, Stockhausen, Bouletz, Nono, Bartok, Messiaen, dan nama komponis lain yang hingga kini masih berkarya.

2.      Tokoh Musik Mancanegara

  1. Musik elektronis :Stockhausen, Varesse, Eimert, dan Schaeffer.
  2. Musik serialis : Luigi Nono, Piere Boulez, Oliver Messian.
  3. Musik eksperiental : Jhon Cage, M.Feldman, Earle Brown.
  4. Musik minimalis : Phillip Glass, Steve Reich, T.Rilley, dan La Monte You.
  5. World music : Berendt, Bubi Chen, Kitaro, George Winston.
e.       Jazz : Duke Ellington, C. Parker, Miles Davis, Bill Evans.
f.       Pop/Rock : The Beatles, Jimi Hendrix, Pink Floyd, Queen.

Menurut sejarah, musik dianggap sebagai seni yang paling tua usianya. Ini karena semenjak lahir kita sudah berhubungan dengan musik. Dalam peradaban Mesir dan Yunani kuno, musik dianggap sebagai aktivitas yang penting. Hal ini terbukti dengan lukisan purba yang menggambarkan kegiatan musik. Mereka banyak mempergunakan musik dalam upacara-upacara ritual yang berhubungan dengan kekuatan gaib.
Dalam perkembangan sejarah musik,terdapat dua rumpun musik yangt berbeda yaitu musik yang berasal dari barat dan musik yang berasal dari timur. Masing-masing rumpun musik tersebut memiliki system nada yang berbeda. Musik barat menggunakan system nada-nada yang matematik, dimana nada-nadanya disusun berdasarkan frekuensi yang tetap dalam tujuh nada (tangga nada diatonis) yang kemudin berkembang menjadi system 12 nada yang berjarak sama (tangga nada kromatis).Sedangkan musik timur menggunakan system nada yang amatematik, yaitu tangga nada pentatonic yang nada-nadanya disusun dalam jarak yang tidak sama untuk satu oktafnya.
Sistem musik barat digunakan dalam pengembangan dalam daya pikir abstrak, imajinasi, dan kreativitas. Musik dapat dipelajari secara lebih nyata. Hal ini telah dapat membawa musik barat memasuki wilayah timur dengan kegunaan yang lebih luas daripada musik timur.



1 komentar:

  1. tdk ada sejarah musik Korea Selatan ya kak :D hehehehe :D

    BalasHapus