Thursday 15 January 2015

SENI MUSIK




Pengertian Seni Musik
Seni adalah kemampuan membuat sesuatu dalam hubungannya dengan upaya mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan oleh gagasan tertentu. Sedangkan musik adalah suara yang disusun sedemikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan. Jadi, bisa disimpulkan bahwa seni musik adalah sarana ekspresi seorang seniman yang menggunakan suara yang disusun sedemikian rupa baik dengan menggunakan alat musik maupun suara vokal.
Bentuk Pertunjukan Seni Musik
Pertunjukan seni musik memiliki beberapa bentuk atau cara penyajiannya. Ada yang disajikan oleh seorang musisi, dengan beberapa musisi, orkestra yang dihadiri banyak orang, dan penyajian dengan musik elektrik. Semua pertunjukan seni musik dilakukan dengan sangat formal. Penonton diharapkan untuk tenang dan tidak ribut. Namun, banyak penyajian musik elektrik yang dilakukan secara tidak formal. Seperti pada konser-konser di ruang publik dimana penonton bebas teriak, menari, atau ikut menyanyi.
Fungsi Seni Musik
Merriam dalam bukunya The Anthropology Of Music menyatakan ada 10 fungsi dari musik.
1. Fungsi pengungkapan emosional
2. Fungsi penghayatan estetis
3. Fungsi hiburan
4. Fungsi komunikasi.
5. Fungsi perlambangan
6. Fungsi reaksi jasmani
7. Fungsi yang berkaitan dengan norma sosial
8. Fungsi pengesahan lembaga sosial.
9. Fungsi kesinambungan budaya.
10. Fungsi pengintegrasian Masyarakat
UNSUR-UNSUR MUSIK
1.      Melodi, yaitu rangkaian sejumlah bunyi berdasarkan perbedaan tinggi rendah atau naik turunnya.
2.      Irama atau Rytme, yaitu gerak teratur karena munculnya aksen secara tetap.
3.      Birama, yaitu bagian pendek-pendek dari suatu lagu yang telah mempunyai irama lengkap.
4.      Harmoni, yaitu keselarasan paduan bunyi.
5.      Tangga nada, yaitu deretan nada yang disusun secara berjenjang.
6.      Tempo. Yaitu cepat lambatnya suatu lagu dinyanyikan.
7.      Dinamik, yaitu keras lembut lagu dan perubahannya.
8.      Timbre atau warna suara
Pendidikan Seni Musik
Pendidikan seni musik bertujuan untuk memberi kesempatan kepada peserta didik untuk berekspresi, berapresiasi, berkreasi, membentuk harmoni, dan menciptakan keindahan. Dengan demikian, mereka dapat membekali diri dengan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku yang dapat mereka gunakan untuk membantu memecahkan permasalah hidup sehari-hari. Pendidikan seni musik juga dapat mengembangkan kepribadiannya.

Pendidikan Seni Musik dan Sikap Toleransi

Pendidikan seni musik diharapkan mampu memfasilitasi dan mengakomodir keberagaman masing-masing individu peserta didik maupun keragaman budaya masing-masing daerah, serta budaya nasional dalam rangka menyikapi arus globalisasi. Pendidik dapat membentuk kelompok dalam performan terhadap lagu daerah, sehingga akan membantu peserta didik untuk berinteraksi, berkomunikasi, dan menumbuhkan sikap toleransi sesama mereka.
Strategi ini dapat memberikan pengalaman dan kesadaran, serta kepedulian peserta didik akan keberagaman kultur, dan akhirnya akan mengurangi prasangka terhadap etnis sesama peserta didik atau etnis kelompok lain. Sehingga dengan pengurangan prasangka justru akan menumbuhkan sikap terbuka dan terjalinnya kerjasama, serta iklim kultur yang positif.
Macam-Macam Seni Musik
Pengkategorian musik, terkadang merupakan hal yang subjektif, namun merupakan salah satu ilmu yang dipelajari dan ditetapkan oleh para ahli musik dunia. Genre musik yang populer saat ini adalah:
  1. Blues
  2. Country
  3. K-pop
  4. Pop
  5. Dangdut
  6. Electronic
  7. Easy listening
  8. Hip hop
  9. Jazz
  10. R&B
  11. Rock
  12. Reggae
Jenis musik yang ada di dunia ini sangat banyak terlebih dengan perkembagan zaman dan kemajuan teknologi membuat terdapat inovasi-inovasi dalam jenis musik. Dengan begitu ini menjadi ajang kreativitas bagi para pemusik untuk mengeksplore jenis-jenis musik tersebut. Dengan berbagi jenis musik yang ada di dunia ini membawa pengaruh yang baik bagi pendengar nya yakni dapat membuat penderngar nya menjadi tenang, rileks dan dengan keberadaan musik dapat dijadikan sebagi alat terapi kesehatan. Ternyata jenis musik itu sangat beragam dan kita bisa lebih mengetahui jenis-jenis musik yang ada di dunia ini untuk di pelajari.

No comments:

Post a Comment